Sunday, August 13, 2017

ALKITAB MENJAWAB SEMUA MISTERI DUNIA (BAHAGIAN 2)

..... Sambungan dari ENTRI sebelum ini....


6. Vampire
Hanya ada satu ayat yang memiliki relevansi paling dekat dengan vampir yaitu Amsal 30:14. Di sini disebutkan mengenai keturunan yang memiliki gigi taring untuk membunuh orang-orang tertentu. Hal ini sama dengan kondisi vampir yang memiliki gigi taring setajam pedang. Ayat-ayat Alkitab yang memiliki relevansi yang sangat jauh namun masih berkaitan dengan ritual minum darah adalah dalam Imamat 17:10-14. Alkitab tidak menceritakan detail asal muasal vampir. Namun dapat juga disimpulkan bahwa Alkitab menganggap vampir sebagai salah satu dari bentuk roh jahat. Roh jahat memiliki manifestasinya masing-masing. Mereka memiliki bentuk yang berbeda-beda ditiap kebudayaan. Misalnya di Indonesia bentuknya seperti Pocong dan Kuntilanak, China ada vampir kaku, di Barat ada drakula atau vampir, di Arab ada jin, di India ada Khali, dan lain-lain. Mereka bekerja di bawah pimpinan Iblis.



7. Penjelajah Waktu
Nas Alkitab yang membincangkan perbandingan waktu kini dengan waktu lampau ada dalam Pengkhotbah 1:9-10. Dikatakan di sini bahwa sesuatu yang baru sudah ada sebelum kita ada. Ayat ini dapat ditafsirkan bahwa sebenarnya dunia ini mengalami siklus waktu diciptakan-berkembang-kiamat. Oleh karena itu sesuatu yang baru dalam dunia ini sebelumnya telah ada di dunia yang lampau yang telah kiamat. Lalu apakah ada seseorang yang dapat berpergian melewati batas waktu antara satu dunia dengan dunia yang lain, antara dunia saat ini dengan dunia yang lampau atau dunia yang akan datang? Dalam Daniel 7:25 dikatakan akan bangkit seseorang yang akan melawan Tuhan dan akan berusaha untuk mengubah waktu dan hukum. Para penggila time travel banyak menggunakan ayat ini untuk mengimani kepercayaannya bahwa kita dapat melewati batas ruang dan waktu.



8. Peri
Peri digambarkan sebagai makhluk yang menyerupai manusia berukuran kecil dan memiliki sayap sehingga ia bisa terbang. Peri merupakan cerita warisan dari leluhur atau nenek moyang kita. Pada umumnya peri-peri bersifat baik. Namun apa yang dikatakan oleh Alkitab tentang peri? Dalam II Korintus 11:14 dikatakan bahwa Iblis pun menyamar sebagai malaikat terang. Dari sini kita dapat mengatakan bahwa peri-peri tersebut merupakan halusinasi dan imajinasi yang dibuat oleh iblis untuk menyesatkan manusia. Iblis ingin manusia lebih mempercayai sesuatu yang lain ketimbang mempercayai Tuhan.



9. Indigo (Reincarnation)
Indigo adalah kondisi di mana ia telah mengetahui keberadaannya sejak kecil dan menganggap dirinya berasal dari kehidupan yang lalu atau dapat dikatakan ia bereinkarnasi. Misalnya seorang anak yang memanggil ibunya dengan memanggil namanya langsung karena si anak merasa bahwa dirinya dulu adalah bibi dari ibunya yang telah meninggal dan dilahirkan kembali. (kalau salah mohon koreksi). Kasus atau kondisi ini menjadi ranah penelitian para pakar psikologi. Alkitab hanya menyatakan dalam Yoel 2:28 bahwa pada hari Tuhan anak laki-laki dan perempuan akan bernubuat, orang tua akan mendapat mimpi dan teruna atau pemuda akan mendapat penglihatan. Hal ini ditegaskan dalam Kisah Para Rasul 2:17. Penafsiran umum mengatakan bahwa mereka benubuat, bermimpi dan mendapat penglihatan karena karunia dan kuasa Roh Kudus yang telah memenuhi mereka. Namun jika ditafsirkan lain dapat dikatakan bahwa anak indigo mendapat pengetahuan yang lebih dari kuasa jahat sehingga ia bisa bernubuat, bermimpi dan berpenglihatan, baik untuk masa depan maupun dari masa lampau. Memang tidak ada ayat spesifik mengenai indigo dan pemberian kuasa oleh iblis kepada anak yang indigo tapi ayat mengenai peramal dan ahli nujum, baik yang mengetahui rahasia di masa depan maupun rahasia di masa lampau, banyak dalam Perjanjian Lama yang sangat dibenci oleh Tuhan.



10. Stigmata
Stigmata adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami penderitaan berupa siksaan yang sama persis seperti dialami Tuhan Yesus ketika akan disalibkan secara tiba-tiba tanpa ada seseorang yang menyiksanya. Rasul Paulus pernah mengatakan dalam Galatia 6:17 “selanjutnya jangan ada orang yang menyusahkan aku, karena pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus.” Bisa dikatakan bahwa Paulus juga mengalami siksaan yang diderita Yesus. Penafsiran umum mengatakan bahwa benar Paulus menderita dalam memberitakan Injil namun tidak dalam bentuk penyiksaan yang sama seperti Yesus. Namun ketika Paulus mengatakan “pada tubuhku” maka Paulus menunjukkan secara spesifik bahwa tubuhnya (bukan psikis, mental atau rohaninya) memiliki tanda milik Yesus. Tanda milik Yesus antara lain seperti yang diminta oleh Rasul Thomas dalam Yoh 20:25 yaitu bekas paku pada tangan Yesus.




11. Zombie
Zakharia 14:12 adalah mungkin satu-satunya ayat yang memiliki relevansi tentang zombie. Terlepas ada atau tidaknya zombie, terdapat dua konsep tentang zombie. Konsep pertama adalah zombie adalah orang yang sudah mati namun seluruh organnya masih berfungsi (deadman). Bisa dikatakan roh orang tersebut sudah tidak ada dan kemungkinan telah dirasuki oleh roh yang lain yaitu roh jahat/kerasukan (Matius 8:28-34). Biasanya zombie yang sebenarnya telah mati ini tidak perlu mencari makan. Konsep yang kedua adalah zombie adalah manusia yang tertular virus, serum, penyakit tertentu yang membuat dirinya menjadi membusuk seperti mayat. Zombie seperti ini dikatakan masih hidup karena belum mati dan hanya tertular oleh penyakit. Oleh karena itu, zombie ini biasanya masih mencari makanan untuk bertahan hidup.




Tuhan Memberkati!

No comments: