Friday, August 04, 2017

ALKITAB MENJAWAB SEMUA MISTERI DUNIA (BAHAGIAN 1)

1. Atlantis
Atlantis dikatakan sebagai sebuah peradaban yang hilang. Atlantis pertama kali diperkenalkan oleh Plato. Namun sebenarnya Alkitab telah mencatat peradaban tersebut. Pertanyaan yang paling utama mengenai Atlantis adalah lokasi peradaban tersebut. Alkitab mencatat peradaban pertama berlokasi di sekitar sungai Eufrat dan Tigris yaitu tempat manusia ditempatkan setelah diciptakan. Maka Atlantis pun tak jauh-jauh dari daerah tersebut mengingat bahwa Plato mengatakan Atlantis eksis sekitar 11.500 tahun yang lalu. Dicatat di Alkitab bahwa pernahlah hidup seorang bernama Nimrod yang menjadi penguasa bumi untuk pertama kali setelah Adam dan Nuh. Nimrod menjadi raja di tanah Sinear (Shinar). Tanah Sinear saat ini adalah Mesopotamia atau Iraq di mana terletak kota Babilonia (Babel). Pada saat Nimrod berkuasa, ia memerintahkan mendirikan menara yang dapat mencapai langit. Menara tersebut kemudian diberi nama Menara Babel karena tak terselesaikan akibat pekerja-pekerjanya mulai berlainan bahasanya. Peradaban Nimrod inilah yang dapat dikatakan sebagai Atlantis. Alasannya adalah (i) Atlantis merupakan kota besar atau metropolis dan dikatakan di Alkitab bahwa Babilonia merupakan kota besar pertama dalam sejarah (Kejadian 10:8-12); (ii) Peradaban Atlantis adalah peradaban yang sangat canggih dan maju jadi apa saja yang diusahakan oleh manusia dibantu oleh alat-alat yang canggih. Ini sesuai dengan Alkitab (Kejadian 11:6); (iii) Masih terdapat peninggalan yang sangat megah yang sulit ditandingi oleh peradaban saat ini yaitu kuil Ziggurat yang diyakini sebagai Menara Babel itu sendiri.



2. Unidentified Flying Object (UFO)/Alien
Alkitab tidak mencatat adanya peradaban lain selain manusia. Allah tidak menciptakan makhluk lain selain Malaikat, Manusia, Hewan dan Tumbuhan. Lalu bagaimana perkembangan sejarah saat ini ketika ditemukan beberapa bukti tentang keberadaan makhluk asing selain manusia, hewan dan tumbuhan. Ya, makhluk yang kita bicarakan ini adalah Unidentified Flying Object (UFO) untuk kendaraannya dan Alien untuk makhluk asing aneh pengendara UFO. Terlepas kontrovesi apakah alien itu ada atau tidak dan apakah itu dibuat-buat (konspirasi propaganda alien) atau nyata ada, kita akan mencoba menggali kebenaran Alkitab mengenai alien. Alkitab mencatat pada Kejadian 1:1 bahwa Allah menciptakan langit dan bumi. Maka ada kehidupan di langit dan di bumi. Penafsiran umum untuk ayat ini adalah kehidupan bumi dihuni oleh manusia dan kehidupan di langit dihuni oleh Allah dan para malaikatnya. Namun jika diasumsikan bahwa Allah dan para malaikatnya menjadi pencipta maka jelas Allah dan para malaikatnya ada sebelum langit dan tentu tidak tinggal di langit melainkan di Surga. Jadi jika kita pakai asumsi ini maka ada kehidupan lain di langit. Langit inilah yang dihuni oleh alien. Selain itu dalam alkitab disebutkan mengenai penguasa-penguasa di udara dan penghulu-penghulu udara (Ef 2:2, Ef 6:12) dan penguasa dunia (Yoh 12:31, I Kor 2:8). Penafsiran secara umum baik penguasa di udara dan penguasa dunia adalah Iblis bersama para malaikatnya yang diusir dari Surga. Namun jika kita membedakan dua entitas ini maka dapat dikatakan bahwa Iblis hanya menjadi penguasa dunia karena setelah diusir dari Surga ia menerima kuasa atas seluruh dunia (I Yoh 5:19). Sedangkan penghulu-penghulu dan penguasa di udara adalah entitas lain yang bisa dianggap sebagai alien yang memang berasal dari luar angkasa.



3. Dinosaurus
Hanya ada satu ayat dalam Alkitab yang menyinggung tentang Dinosaurus, yaitu dalam Mazmur 74:13-14. Dalam ayat ini terjemahan bahasa Indonesia menyebutkan ular-ular naga dan Lewiatan. Ular-ular naga hidup di air seperti buaya dan komodo sedangkan Lewiatan adalah binatang hutan belantara. Penggambaran Alkitab tentang dua binatang ini hampir mirip dan serupa dengan penemuan fosil-fosil dinosaurus saat ini. Dinosaurus merupakan binatang reptil atau binatang melata/merayap. Jadi dapat disimpulkan bahwa dinosaurus diciptakan oleh Allah dan pernah hidup di bumi (Kejadian 1:24).



4. Manusia Raksasa (Meganthropus & Pithecanthropus)
Beberapa ayat Alkitab yang menyinggung soal manusia raksasa pertama-tama adalah Kejadian 6:4. Manusia-manusia raksasa ini banyak melakukan dosa sehingga dihukum dengan air bah. Manusia raksasa ini hidup pada zaman purba (II Petrus 2:5) namun masih ada keturunan raksasa yang hidup pada jaman Raja Daud yaitu Goliat (I Sam 17) dan beberapa orang Filistin (II Sam 21:15-22). 




5. Piramida dan Awal Mula Peradaban Manusia
Setelah manusia jatuh dalam dosa, maka Iblis berkuasa atas manusia dan seluruh bumi. Dosa mulai menyebar dan tentu saja penyembahan berhala ada di mana-mana. Banyak bangunan dibangun untuk ritual penyembahan berhala. Salah satunya adalah Piramida yaitu bangunan berbentuk limas. Sejarah Alkitab mencatat bahwa bangunan besar yang dibangun pertama kali adalah Menara Babel (Kej 11:1-9). Banyak sejarahwan dan ilustrator sejarah menggambarkan Menara Babel sebagai bangunan berbentuk Limas. Dari sini kita dapat mengatakan bahwa Menara Babel adalah piramida pertama yang dibangun manusia dan oleh karena itu di sinilah tempat awal mula peradaban manusia dimulai setelah musibah air bah. Setelah Menara Babel gagal, terjadi perserakan penduduk bumi karena perbedaan bahasa. Namun budaya dan seni bangunan piramida masih dipakai. Piramida yang paling terkenal adalah Piramida di Mesir. Penduduk Mesir berasal pula dari tanah Sinear, tempat dibangunnya Menara Babel. Nenek moyang mereka bernama Misraim (Kej 10:13). Budaya membangun piramida diteruskan oleh bangsa Mesir hingga jaman Nabi Musa. Firaun, penguasa Mesir, memerintahkan untuk membangun Piramida yang besar dengan tenaga dari bangsa Israel (Keluaran 1:14). Kebudayaan Piramida juga berkembang di belahan dunia lain yaitu suku Aztec di Amerika dengan bangunan Teotihuacan, suku Jawa di Indonesia dengan bangunan Borobudur, dan lain-lain.

Bersambung ke Bahagian 2.  Tunggu!!

No comments: